Koordinator TA P3MD Kab. Labuhanbatu : “Dana Desa Solusi Cegah Penularan Covid-19 di Desa”.


Taufik Umri (Koordinator Tenaga  Ahli P3MD Kabupaten Labuhanbatu).

Rantauprapat, Selasa 31 Maret 2020.

Mari kita sama-sama saling menjaga, mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat desa dari dampak buruk penyebaran virus covid-19 di berbagai desa se Kabupaten Labuhanbatu. Sampai saat ini kami telah berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan  penanggulangan virus covid-19 di berbagai desa se Kabupaten Labuhanbatu. Adapun langkah-langkah strategis yang telah kami buat melalui skema dalam penanggulanan covid-19 yang terintegrasi sampai ke pelosok-pelosok desa dan itu adalah komitmen kami bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu. Demikian yang disampaikan Taufik Umri selaku Koordinator Tenaga Ahli (P3MD) Kabupaten Labuhanbatu.

Taufik menyebutkan “bahwa upaya dalam melakukan penanggulangan virus covid-19 di berbagai desa-desa se Kabupaten Labuhanbatu harus dengan konsep dan langkah-langkah yang jelas dan terintegrasi sampai ke pelosok desa-desa se Kabupaten Labuhanbatu”.

Selain itu, aktivitas dalam penanggulangan virus covid-19 ini kita juga harus berkolaborasi dengan seluruh elemen-elemen masyarakat di tingkat desa mulai dari Pemerintahan Desa se Kabupaten Labuhanbatu, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) se Labuhanbatu, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) se Labuhanbatu, Pendampin Lokal Desa (PLD) se Labuhanbatu dan lembaga-lembaga lainnya, yang mana skema ini dilakukan dengan sistematis, dan harapan kami juga harus selalu menjalin komunikasi, koordinasi dan sinergitas yang inten, sehingga informasi yang diperoleh harus jelas perkembangannya terhadap upaya-upaya yang kita lakukan dalam penanggulangan virus covid-19 di setiap-setiap desa se Kabupaten Labuhanbatu. ujarnya.

Di Kabupaten Labuhanabatu, kata dia, hingga 31 Maret 2020 tercatat sudah 64 desa se Kabupaten Labuhanbatu yang sudah melakukan upaya-upaya penanggulangan virus covid-19 dengan cara melakukan pembagian Hand Sanitizer dan Penyemprotan Disenfektan di berbagai tempat-tempat fasilitas umum, rumah ibadah dan tempat lainnya di setiap desa, mungkin desa-desa yang lain segera akan melakukan hal yang sama demi kebaikan kita bersama. Hal ini merupakan sebuah langkah-langkah awal yang baik dan patut kita dorong untuk kedepannya agar masyarakat di desa merasa nyaman, terlindungi dan tidak panik.

Selanjutnya Dana Desa harus wajib diperuntukkan guna pencegahan covid-19, jadi setiap desa harus mengalokasikan dana desa tersebut untuk melawan dan mencegah penyebaran covid-19. Masyarakat harus kita sadarkan, bahwa kita bisa kena dan kita juga bisa cegah, imbuh Taufik tegas.

Adapun langkah-langkah strategis ataupun skema yang terintegrasi sudah kami jabarkan agar bisa diterapkan di berbagai tingkatan desa se Kabupaten Labuhanbatu yaitu:

1. Tim Relawan Penanggulangan Covid-19.

2. Posko covid-19 terintegrasi di desa.

3. Sosialisasi dan Informasi Perkembangan covid-19 melalui telekonference satu arah.

4. Tim operator, Tim IT dan Tim distribusi berbasis data di desa penanggulangan covid-19 di Dinas PMD.

5. Pengendalian dan Pendistribusian PKTD di seluruh desa dan memaksimalkan potensi desa.

6. Pengendalian dan Pendistribusian vitamin C dan E bagi balita, lansia dan masyarakat desa.

7. Pengendalian dan Pendistribusian Disenfektan dan Hand Sanitizer di fasilitas umum, rumah ibadah dan pembagian masker ke masyarakat desa.

8. Pengendalian Harga Bahan Pokok dan Kebutuhan Dasar masyarakat desa.

9. Pendistribusian Pembelian Hasil Tani Masyarakat desa dan mendorong budidaya pertanian desa.

Kesepakatan Bersama “Gerakan Desa Lawan Covid-19”, di Kabupaten Labuhanbatu.

Kesepakatan  Bersama“Gerakan Desa Lawan Covid-19”, di Kabupaten Labuhanbatu.

Rantauprapat, Kamis 26 Maret 2020, bertepatan di lingkungan areal Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan, SH, didamping oleh Taufik Umri, SE selaku Koordinator P3MD Labuhanbatu, Dinas Kesehatan melalui Marlisnawati Ginting, S.Km selaku Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ningsih, S.Km selaku Kasi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Olahraga, Junaidi selaku Ketua ABDESI Labuhanbatu, Faridul, S.Pd. selaku Ketua APEDNAS Labuhanbatu. Melakukan Kesepakatan bersama “gerakan desa lawan covid-19”, di kabupaten Labuhanbatu.

Maka kami memandang perlu upaya maksimal yang akan dilakukan untuk pencegahan Covid-19 di kabupaten Labuhanbatu, untuk itu kami meminta kepada Kepala Desa, Badan Permusyaratan Desa, Perangkat Desa dan Pendamping Lokal Desa agar melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 di seluruh desa di Kabupaten Labuhanbatu dan akan menjadi pusat informasi tim yang akan melakukan pencegahan Covid-19 di desa masing-masing.

2. Menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan pola hidup sehat dengan cara menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga pola makanan dengan asupa gizi dan menjaga jarak sosial (Social distancing).

3. Melakukan penyemprotan di kantor, rumah ibadah dan fasilitas umum bila perlu rumah penduduk.

4. Melakukan monitoring, pengawasan dan melaporkan apabila ada masyarakat desa/ mahasiswa yang baru pulang dari luar daerah atau negri yang pendemi covid-19 ke camat.

5. Melaksanakan sosialisasi pencegahan covid-19 bagi masyarakat desa melalui berbagai selebaran, spanduk dan baliho.

6. Pemerintah desa dapat menganggarkan biaya pencegahan covid-19 di desa dan dimasukkan pada APBDesa 2020.

Demikian kami sampaikan atas wujud kesepakatan bersama untuk pencegahan covid-19 di seluruh desa di kabupaten Labuhanbatu.

Kami yang berkomitmen dibawah ini :

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu, Abdi Jaya Pohan, SH.

Koordinator P3MD Labuhanbatu, Taufik Umri, SE.I

Ketua APDESI Labuhanbatu, Junaidi.

Ketua APEDNAS Labuhanbatu, Saiful, S.Pd.

Rantauprapat, Kamis 26 Maret 2020.

Pengajian Ke Dua Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu

Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Pada hari senin 16 Maret 2020. Bertepatan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu.

Adapun agenda pada pagi hari ini tepatnya pada pukul 09:00 Wid S/d selesai, kegiatan pengajian ke dua yang dilaksanakan secara rutinitas di lingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu.

Adapun pengajian rutinitas ini menghadirkan penceramah yaitu Ustadz Ahmad Zein Tambak, S.Ag yang mengangkat tema “Penangkal (Menolak) Bahaya”.

“Kita sebagai ummat manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari harus (wajib) mengawali pekerjaan dengan Niat yang tulus dan ikhlas dalam menjalankannya”.

Adapun inti dari pengajian kita pada pagi hari ini yaitu obat dalam penangkal (menolak) bahaya, yang mana kuncinya kita sebagai hamba Allah harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar kita selalu diberi perlindungan dari marabahaya.

Adapun obatnya dalam menangkal (menolak) bahaya dalam diri kita, dengan cara selalu memperbanyak mengucap “Istighfar”, (berserah diri atau serahkan semua hanya kepada Allah SWT), selanjutnya dengan cara memperbanyak “Sedekah”, penangkal bahaya yang terakhir yaitu dengan selalu “memperbanyak sholawat kepada Rasulullah Saw”. Semoga kita sebagai hamba Allah Swt, bisa mengamalkan dan menerapkankannya dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Amiin…

Rapat Koordinasi Dinas PMD dengan Desa Perkebunan se Labuhanbatu

Rapat Koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu dengan Desa Perkebunan se Kabupaten Labuhanbatu, yang berlangsung pada hari sabtu 29 februari 2020 yang diselenggarakan di Aula dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang beralamat di Jl. Gouse Gautama, Rantauprapat.

  1. Adapun agenda hari ini yaitu, pembahasan tentang “Penguatan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa di Wilayah Perkebunan”. Rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Tim Tenaga Ahli Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), serta 23 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Labuhanbatu ataupun pemerintahan desa yang mewakili.

Pemetaan Wilayah Desa Wisata

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu. Melalui Tenaga Ahli (TA) Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Labuhanbatu Bapak Taufik Umri dan tim, pada hari jum’at 28 februari 2020 berkunjung ke desa Pasar Tiga, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu.

Tenaga Ahli Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Labuhanbatu yang juga ikut didampingi oleh Bapak Jaka selaku Kepala Desa (Kades) Pasar Tiga, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu beserta tim sedang mensurvey, memfokuskan pemetaan wilayah menuju “Desa Wisata” dan juga dalam menggali segala potensi-potensi yang ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitaran desa tersebut.

Bapak Jaka selaku Kepala Desa (Kades) Pasar Tiga, Kecamatan Panai tengah, Kabupaten Labuhanbatu sangat mengapresiasi atas kunjungan dan inovasi-inovasi yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Bumdes, masukan dan saran ini sangat membantu kami dalam membangun perekonomian masyarakat terkhusus di desa ini. Ucap Jaka selaku kepala desa.

Pengajian Pertama Dinas PMD Labuhanbatu

KoRantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu pada hari (Rabu 19 Februari 2020). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu Laksanakan Perwiritan Rutin.

Adapun tujuan dari kegiatan perwiritan rutinitas ini tidak lain yaitu untuk menjalin tali silaturrahmi antar sesama seluruh pegawai, agar selalu menjaga kekompakkan serta keharmonisasi antar sesama pegawai yang berada dilingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu.

Dimana kegiatan ini juga akan dilaksanakan secara rutinitas setiap bulannya di lingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu. Ujar Abdi Jaya Pohan Selaku Plt Kadis PMD Labuhanbatu.

Kegiatan Perwiritan dihadiri oleh seluruh pegawai di tataran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu, dimana kegiatan perwiritan ini juga menghadirkan Penceramah yaitu Ustadz Darmansyah Siagiaan, supaya dapat memberikan pencerahan, inspirasi dan siraman rohani kepada seluruh peserta yang berhadir di dalam acara perwiritan ini semoga kita semua untuk dapat meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah Swt.

Dinas PMD Labuhanbatu Kunjungan ke Desa Sei Tawar

Pada hari Selasa 18 Februari 2020 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Labuhanbatu berkunjung ke Desa Sei Tawar, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Plt KADIS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abdi Jaya Pohan, yang juga didampingi oleh Tenaga Ahli BUMDES Labuhanbatu Dasril Lumban Tobing, Ketua PPDI, Ketua BPD, Kepala Desa Sei Tawar beserta pemerintah perangkat desa.

Adapun agenda yang dibahas dalam pertemuaan tersebut, yaitu terkait dalam membangun pusat Ekowisata desa (Pantai Kahona) yang berlokasi di wilayah desa Sei Tawar dan selanjutnya menciptakan potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa sehingga dapat bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam menciptakan segala potensi-potensi yang berada di desa Sei Tawar, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu supaya dapat meningkatkan sumber perekonomian masyarakat desa tersebut.

Kunjungan Dinas PMD Labuhanbatu ke Desa Sei Sentosa

Pada hari Selasa 18 Februari 2020 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Labuhanbatu berkunjung ke kantor Desa Sei Sentosa, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Plt KADIS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abdi Jaya Pohan, yang juga didampingi oleh Tenaga Ahli BUMDES Labuhanbatu Dasril Lumban Tobing, Ketua PPDI, Kepala Desa Sei Sentosa beserta pemerintahan perangkat desa.

Adapun hal yang dibahas dalam pertemuaan tersebut, yaitu terkait masalah dan potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berada di desa Sei sentosa.